Tuesday, February 9, 2016

Sehat dan Cantik ala VCO

Mungkin beberapa dari kalian sudah sering dengar bahwa virgin coconut oil (VCO) alias minyak kelapa murni memiliki banyak sekali kebaikan untuk tubuh kita, tidak heran kini VCO menjadi favorit banyak orang di dunia. Tapi apakah kalian sudah pernah mencobanya dan merasakan sendiri khasiatnya? Well, saya sendiri baru tau mengenai VCO beberapa bulan yang lalu saat pacar saya memiliki permasalahan dengan batu ginjal, dan saat itu orang orang banyak merekomendasikan untuk mengkonsumsi VCO secara rutin. Setelah melakukan research sana sini dengan bantuan mbah gugel, akhirnya pacar saya yakin untuk memulai pengobatan dengan VCO dan mulai memesan berbotol-botol VCO dari salah satu kenalannya. Tapi sayangnya pacar saya tidak nyaman dengan sensasi menelan VCO ini yang katanya seperti menelan minyak goreng, maka tidak lama pengobatan pun dihentikan. Untungnya setelah itu ia tidak merasakan kesakitan lagi akibat batu ginjalnya tersebut, diperiksa ke dokter pun tidak mau, jadi masalah ia anggap selesai dan berbotol-botol VCO tergeletak begitu saja.

Lalu kemarin ketika saya mengunjungi forum female daily, tidak sengaja saya menemukan thread Coconut Oil and Milk for skincare. Sebagian besar dari mereka menggunakan VCO dengan cara mengoleskannya pada rambut sebelum keramas, mereka mengaku efeknya menjadikan rambut sangat halus, rontok berkurang, dan mudah diatur. Beberapa ada juga yang menggunakannya sebagai lotion untuk mengatasi kulit yang kering, ada pula yang menggunakannya sebagai make up remover, sebagai krim malam, dll. Berikut ini salah satu komentar member female daily..

Mengaku bahwa VCO lebih baik dari EVOO (Extra Virgin Olive Oil)
Wow i'm so amazed reading her comment, tapi kok bisa yah VCO berperan dalam penyembuhan luka? Nah, ini dia penjelasannya.
Virgin Coconut Oil (VCO) atau Minyak Kelapa Murni yang terbuat dari daging kelapa. Virgin Coconut Oil (VCO) adalah salah satu bahan pangan sumber lemak yang sekarang ini banyak diminati orang karena khasiatnya bagi kesehatan. Dibandingkan dengan minyak nabati lainnya seperti minyak sawit, minyak kedelai, minyak jagung dan minyak bunga matahari, VCO memiliki beberapa keunggulan yaitu kandungan asam laurat yang tinggi. Asam laurat didalam tubuh akan diubah menjadi monolaurin yaitu sebuah senyawa monogliserida yang bersifat antivirus, antijamur, antibakteri, antiprotozoa, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh manusia terhadap penyakit serta mempercepat proses penyembuhan. Di samping itu ternyata kandungan antioksidan di dalam VCO pun sangat tinggi seperti tokoferol dan betakaroten. Antioksidan ini berfungsi untuk mencegah penuaan dini dan menjaga vitalitas tubuh (Setiaji dan Prayugo, 2006). 
Dari penjelasan diatas, saya bisa menangkap bahwa sebenarnya bisa juga VCO digunakan untuk penderita HIV/AIDS karena kemampuannya sebagai antivirus, antijamur, peningkat daya tahan tubuh, dan mempercepat proses penyembuhan luka. Dan setelah saya lakukan pencarian lebih dalam, rupanya ada salah satu mahasiswa USU yang pernah meneliti VCO terhadap salah satu manifestasi oral yang ditimbulkan HIV/AIDS


Pada section Abstrak, penulis menyatakan bahwa
"VCO membunuh virus dan bakteri dengan memasuki membran mikroorganisme tersebut dan menghancurkannya hingga seluruh isinya keluar. Selain itu, VCO juga merangsang pembentukan CD4 sehingga dapat meningkatkan sistem imun penderita HIV/AIDS. Dengan sifat inilah, VCO berperan dalam menyembuhkan manifestasi oral penderita HIV/AIDS selain berperan terhadap AIDS itu sendiri. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa peranan VCO dalam penyembuhan lesi oral penderita HIV/AIDS adalah dengan menurunkan viral load, membunuh mikroorganisme yang berkaitan dengan lesi oral dan meningkatkan sistem imun penderita. Ketiga-tiganya dilakukan secara langsung oleh VCO tanpa menimbulkan efek samping kepada penderita sehingga aman untuk dikonsumsi."
Yeayy it really works! So, kalau diantara kalian punya kenalan/kerabat penderita HIV/AIDS, mungkin kalian bisa merekomendasikan untuk mengkonsumsi VCO secara rutin, sehingga mereka bisa merasakan sendiri manfaatnya.

Sedangkan sebagai kosmetik, dengan kemampuannya sebagai anti bakteri, maka bisa dipastikan VCO mampu menyembuhkan juga mencegah tumbuhnya jerawat. Dalam melembabkan pun, VCO lah jagonya. Berikut ialah salah satu penelitian mahasiswa USU dalam memformulasikan VCO ke dalam sediaan krim pelembab.



Untungnya di Indonesia terdapat banyak sekali pohon kelapa, di pasar pun tukang jualan kelapa berjejeran, jadi mudah saja kalau kalian mau membuat VCO sendiri. Cara buatnya gampang kok, simak baik baik yah.

DIY membuat VCO di rumah :

  1. Siapkan kelapa yang telah diparut
  2. Santan perasan pertama direbus dengan api kecil
  3. Aduk terus hingga mendidih
  4. Tetap aduk terus, santan akan mengental kemudian mengeluarkan minyak
  5. Matikan api jika minyak yang didapat sudah banyak dan santan yang mengental berubah warna menjadi coklat. (teksturnya seperti remah gorengan)
  6. Kemudian saring menggunakan saringan kelapa
Tutorial ini saya dapat dari Ate Ira yang sudah lama jadi penggemar VCO hehehehe thank you ate :*
Tapi kalau menurut kalian cara ini terlalu merepotkan, kalian bisa membeli VCO dalam kemasan botol di apotek apotek terdekat (available juga di Guardian kalau tidak salah, berarti benar). Saya sendiri juga menggunakan kemasan botol pemberian pacar saya sisa pengobatan batu ginjalnya dulu hihihi, dan sejauh ini saya baru memakainya untuk dijadikan lotion, hasilnya kulit jadi lembut dan kenyal, kulit punggung kaki yang mudah kering pun sekarang sudah tidak lagi, hmmm semoga penggunaan jangka panjang bakalan bikin kulit saya semakin sehat. Sedangkan untuk rambut, kemarin saya mencampurkan VCO ke dalam shampo, dan hasilnya rambut jadi mudah disisir, mudah diatur, tidak terbang terbang, sukaa deh pokoknya :))
Saya juga sempat minum satu sendok VCO tadi siang, rasanya seperti apa? Tidak ada alias tidak berasa, memang benar benar seperti menelan minyak goreng hahahah tapi setelah itu BAB jadi lancar, dan percaya atau tidak, saya jadi tidak mudah lapar. Will try to drink it again next morning :)  

Hmm berikutnya hal hal lain yang dapat kamu lakukan menggunakan VCO, meliputi :
  1. Body Scrub, caranya kombinasikan VCO dengan gula, aplikasikan ke seluruh tubuh.
  2. Makeup Remover, bonus : bulu mata yang panjang, kuat dan sehat.
  3. Mencegah ruam popok pada bayi
  4. Massage oil
  5. Mengatasi bibir pecah pecah
  6. Sunburn
  7. Gigitan serangga, ingat kan VCO mempercepat penyembuhan luka?
  8. Oil Pulling, caranya kumur dengan VCO selama 10 - 15 menit. Beberapa member female daily yang sudah mencoba mengaku merasa mulutnya menjadi lebih bersih. Hmm...leh uga.
  9. Shaving Lotion
  10. Mencegah stretch mark pada masa kehamilan
  11. Menyamarkan keriput
  12. Mengatasi sikut yang kering
  13. Leave-on overnight conditioner, caranya oleskan VCO merata pada rambut, kemudian dibalut dengan handuk, diamkan hingga pagi.
  14. Dll
Okay then i guess it's enough for today, bagi kalian yang sudah membaca (benar benar membaca) dari atas sampai bawah, i thank you :* dan bagi kalian yang punya pengalaman mengkonsumsi VCO entah secara oral atau topikal, kalian bisa menceritakannya di kolom komentar.






Sumber :
http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/25323
http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/26918
http://www.swansonvitamins.com/blog/natural-health-tips/using-coconut-oil

19 comments:

  1. wow...lengkap euy...berasa baca blog kecantikan nih, btw...kalo buat mempercepat nyembuhin luka ate baru tau tuh, next kalo ate luka hati ate balurin deh, hehe

    ReplyDelete
  2. Obat Aids??


    Wohhhhhhh

    Bisa gempar nih dunia kesehatan kalau bisa meneliti lebih lanjut tentang ini dan bisa mengembangkan obat aids permanen

    Buat cowok produk perawatannya juga boleh kah kak?
    hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. unfortunately bukan virusnya yang terobati, tapi penyakit penyakit yang datang saat pertahanan tubuh lemah akibat hiv. tapi setidaknya bisa memperpanjang masa hidup

      Delete
  3. Ini ceritanya review produk ya kak? Ciye dapet review produk nih? Hehehe.

    Wah kalau saya sendiri, biasanya minyak kelapa digunakan untuk rambut sih kak. Menghilangkan ketombe atau kulit kepala yang kering dan semacamnya. Tapi ternyata baru tahu, masih banyak manfaat yang bisa diambil dari produk ini ya, mulai dari kesehatan hingga kulit. Bahkan, satu yang menarik perhatian saya, kakak bilang ini membuat tidak mudah lapar. Wah cocok buat anak kosan macam saya yang ingin menghemat nih batin dalam hati hahaha.

    ReplyDelete
  4. Mari berburu minyak kelapa dulu mama sering bgt bikin minyak ini untuk keperluan goreng menggoreng.

    ReplyDelete
  5. Wah VCO banyak manfaatnya ya, mbak. Selain untuk kecantikan juga untuk kesehatan. Aku belum pernah nyobain sih, kayaknya ._.'

    ReplyDelete
  6. aku kira vco itu tidak bisa diminum ? ternyata bisa aja yaaa mba
    Waah aku jadi pengen beli, kemarin juga ada yang nawarin produk herbal berbahan vco ini

    ReplyDelete
  7. Gue baru sadar lo aktif ngeblog lagi :v
    kok nggak ada kabar di fb ya? :v

    welcome back git!

    ReplyDelete
  8. Gue nggak tahu ini vco ini sama atau tidak dengan yang di tempat gue, Mbak. Orang-orang di tempat gue membuat semacam conditioner untuk rambut, berbahan dasar dari daging kelapa. Kalau di tempat gue, namanya itu lange. Di kayak minyak gitu, ya emang minyak dari kelapa itu sih. Biasanya orang-orang tua yang udah nenek-nenek yang sering menggunakan Lange ini. Dan emang, rambut mereka tuh tetap bagus, walaupun mereka udah nenek-nenek. Maksudnya, tetap lebat gitu, walaupun ya udah mutih karena beruban.

    ReplyDelete
  9. banyak ya nggit manfaatnyaa
    tapi ya gitu habisnya aku males parut kelapa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ajah kak beli di pasar yang udah digilingin itu lho

      Delete
  10. Pernah pake vco buat prawatan wajah Tapi g cocok malah jadi jrawatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih, saya juga dengar beberapa cerita kalau ada yg malah breakout pakai ini.

      Delete
  11. aku rutin pake ini utk ngilangin stretch mark, dan itu ampuuuh bgt ^o^.. slama masa kehamilan ini, bisa dibilang kulitku trutama perut bebas strecth mark mba.. pokoknya harus rutin lah gunainnya, jgn cuma sesekali.. dan aku pake ini udh lama bgt.. drpd produk2 luar yg jg claim bisa ngilangin SM, tp trnyata gak, mahal doang di harga ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. thankyou for the feedback, seneng deh dengernya kalau vco ini ampuh bgt buat ngilangin stretch mark \m/

      Delete
  12. Baru tau ada produk VCO ini. Manfaatnya banyak ya. Yang manfaatnya buat rambut itu menarik. Sekarang udah jarang perawatan rambut yang bener-bener bisa ngehilangin rontok. Huhuhu.

    ReplyDelete
  13. Waw.. VCO banyak banget manfaatnya buat kecantikan dan kesehatan..

    Yang menarik bisa digunakan untuk penderita HIV/AIDS yang rentan virus penyakit

    Lengkap banget nih.. jadi pengen nyoba make.. hehehe

    ReplyDelete
  14. Kak ini bisa digunain buat pelembab kulit yang berminyak ga sih? Atau cuma cocok ke kulit kering aja?

    ReplyDelete