Sunday, August 31, 2014

Kok Sinyal EDGE Melulu Sih Yang Muncul?

Pada bulan puasa yang lalu ceritanya saya terpengaruh oleh seorang teman untuk membeli kartu IM3 karena katanya provider yang satu ini memiliki paket internet murah dan memuaskan. Dengan harga paket yang sangat terjangkau setiap bulannya, akhirnya saya tergiur untuk mencoba. Kebetulan HP saya dual sim card, jadi saya masih bisa keep kartu lama saya sembari menikmati kartu yang baru, saya pun meletakkan kartu yang lama di Slot 1, sedangkan kartu IM3 di Slot 2. Nggak lama kemudian, teman saya tanya "gimana kecepatannya? enak kan?", saya jawab "ah ini mah rasanya sama aja kayak kartu yang dulu, biasa biasa aja, gak ada bedanya, lebih cepet kalau pake wifi di rumah", teman saya heran, kemudian menjawab "oh mungkin di daerah rumah kamu mah sinyalnya sedikit kali ya, jadi kecepatannya biasa aja", saya hanya bisa meng-iya-kan, padahal sebenarnya kalau saya pergi ke mall, ke pasar, ke kampus, kemana aja nggak pernah ada perubahan pada kecepatannya, masih biasa aja. Tapi saya juga nggak begitu mempermasalahkannya, asalkan masih bisa browsing pake opera mini, update Path, chat Whatsapp, everything seems fine for me.

Ketika sedang musim libur lebaran, seorang teman pergi berlibur dengan keluarganya ke Surabaya, dia mengabari saya kalau disana sinyalnya sedang jelek. "Sinyalnya disini mah E terus ih sebel", katanya. Dengan bingung saya menjawab, "Loh sinyal saya juga memang biasanya E, memang yang bagus apa?". "Yang bagus ya H, HSDPA, karena HSDPA tingkatannya diatas EDGE, pokoknya kalau E artinya Elek!", jawabnya. Wah saya baru tau tentang hal itu, sialnya dulu saya nggak pernah memperhatikan masalah sinyal E atau H, tapi rasa rasanya sih dulu kalau nggak salah saya pernah mendapatkan sinyal H, kok sekarang malah sinyalnya E terus ya? Saya berpikir keras. Apa ini karena provider yang baru, atau memang dari dulu saya nggak pernah mendapatkan sinyal H karena mungkin android saya ini nggak support HSDPA. Tapi entah kenapa saya memutuskan untuk nggak terlalu banyak memikirkan hal itu.

Tepatnya seminggu yang lalu, saya mulai gondok juga pake provider ini, gara gara chat Whatsapp makin hari makin sering pending, chat BeeTalk juga sama, haduh pundung banget deh pokoknya. Lalu hari Jumat kemarin ketika sedang di kampus, saya nggak sengaja melihat HP seorang teman, sinyal HP dia H. "Loh, sama sama di kampus tapi kok sinyal dia H sedangkan saya masih E aja. Hmm mungkin karena HP dia lebih canggih dan mahal jadi HP dia mah memang support HSDPA, sedangkan saya enggak", batin saya. "Wi, kamu mah enak ya sinyalnya H, pasti internetannya cepet ya?", iseng iseng saya tanya ke Dewi. "Iya git, emangnya kamu nggak H juga sinyalnya?", Dewi balik tanya. "HP saya juga H, tuh coba liat", tiba tiba Fera ikutan nimbrung sembari memperlihatkan HPnya. Wahhh makin gondok deh pokoknya, HP Fera itu samsung, sama seperti saya dan HP dia itu harganya agak dibawah HP saya, jadi ya lucu kan masa HP yang lebih murah bisa dapat sinyal H sedangkan HP saya masih E melulu? Akhirnya saya coba tanya google tentang spesifikasi HP saya dan inilah hasilnya



Tuh kan HP saya sebenarnya support HSDPA, tapi kenapa selama ini sinyalnya EDGE melulu yang nongol? Apa yang salah coba? Saya mikir keras lagi, tapi tetep gak tau kira kira apa penyebabnya. Bodohnya, saya juga gak ada inisiatif untuk cek pengaturan Mobile Network, pokoknya nggak kepikiran gitu untuk cari tau kira kira penyebabnya ada disana atau nggak. Sampai pada kemarin malam, ketika saya mau tidur tiba tiba entah dapat ilham darimana saya iseng cek pengaturan Mobile Network dan menemukan ini.

Ini dia akar permasalahannya 

Pantassss saja selama ini sinyal E terus yang muncul, lha wong SIM 2 yang sedang saya gunakan paket datanya ternyata sedang dalam keadaan 2G sedangkan SIM 1 yang sedang tidak saya gunakan justru dalam keadaan 3G. Weleeeh kebalik banget ini mah namanya! Maklum HP saya mah nggak bisa keduanya aktif 3G, harus salah satu 2G, saya juga baru ngeh sebenernya. Astagaaa saya merasa bodoh sekali, ini masalah simple banget yah sebenernya, yang harus saya lakukan hanya cek Mobile Network, tapi kenapa coba saya butuh satu bulan lebih lamanya untuk menyadari hal ini? Suraaam! Setelah sinyal H muncul, chatting gak pernah pending lagi, refresh Path juga gampang, bisa nonton YouTube lagi dengan lancar, pokoknya ngebut bangeeeet.  
Well guys, semoga kalian bisa mengambil hikmah dari kisah kebodohan saya ini ya. Thanks for reading :)

14 comments:

  1. hahah ... kalo kayak gitu mah aku juga pernah ngalami :D
    tapi akhirnya ketemu juga

    ReplyDelete
  2. mungkin emng kelemahan dual SIM gitu mbak...
    ounya adeku jg gitu kok....
    :)

    ReplyDelete
  3. Hahaha,, Memang bener ya istilah kenalilah gadget anda terlebih dahulu sebelum membeli.. :D

    ReplyDelete
  4. haha,ada-ada aja mbak,,pantesan aja sinyalnya E terus kalau gitu ceritanya,,perlu lebih teliti :)

    ReplyDelete
  5. hadeuh karunya wkwkwkwkwk ngeblog lagi nih git?

    ReplyDelete
  6. Baca ini, jadi kepingin pake m3 O_o
    "murah & memuaskan" asal jangan lupa pengaturan jaringannya, yak? :D

    ReplyDelete
  7. hahahaha

    kalo aku di awal2 punya hape sih wajib ngacak-ngacak dulu sblm pake

    ReplyDelete
  8. iya tapi duos hp samsung yg lebih atas skrg bisa digunakan H satu 3G satu ..jadi akan lebih baik lagi sekarang :)

    ReplyDelete
  9. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : asianbet77@yahoo.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    http://asianbet77.com/

    ReplyDelete
  10. Tapi aku sering E padahal pake SIM 1 support HSDPA kartu tsel terus pas aku pake hp lain bisa H sinyalnya dg kartu yang sama :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti itu pengaturan hp kamu ada yg salah, coba di set SIM 1 pake jaringan 3G, sim 2 pake 2G

      Delete
  11. Haha sama tdi ku jg bgtu setelah diset bisa deh.. Tq yh blog nya . mmbntu bgt.. Haha

    ReplyDelete
  12. Terimakasih ya. Sangat membantu

    ReplyDelete
  13. Bang mau tnya ane punya hp advan s5 sudah di cobahilangkan centang di 2g kok tetap ya masih 2g?????

    ReplyDelete