Saturday, May 3, 2014

Yuk Makeover Blog Kamu!

Hai, sobat sobat blogger! Sesuai dengan permintaan seorang pembaca, di postingan kali ini saya akan memberitau kalian bagaimana caranya saya mendesain blog ini. Sebenarnya dulu dulu juga beberapa pembaca sempat menghampiri saya di facebook dan menanyakan bagaimana caranya bisa punya desain blog seperti ini, tapi tidak saya jawab karena saya takut mereka akan meniru hihihihi egois sekali yah, kemudian saya sadar bahwa apalah artinya ilmu jika tidak dibagikan pada orang lain, iya gak? Jadi bagi kalian yang mau tau bagaimana cara desain blog yang super cantik dan menarik bisa coba ikuti tutorial ini yah.

Kunci dari desain blog saya ini hanya terletak pada template, background dan header saja. Template yang saya gunakan ialah Picture Window Template atau Template Jendela Gambar yang bisa kalian temukan di bagian desain. Sedangakan background-nya saya dapatkan dari situs The Cute Blog On The Block yang menyediakan beraneka ragam shabby chic background, vintage background, scrapbook background, etc. Selain itu ada juga situs Shaby Blogs yang gak kalah lengkap dalam menyediakan background klasik nan unik. Dan kedua situs tersebut juga menyediakan header yang lucu lucu, kalian tinggal download saja lalu mengeditnya dengan photoshop atau dengan photoscape pun bisa. Yuk kita masuk ke tutorial yang pertama!

Tutorial 1. Mengaplikasikan Template Jendela Gambar / Picture Window Template

1. Kenapa harus menggunakan template Jendela Gambar? Karena hanya template ini lah yang bakalan terlihat pas untuk segala jenis background. Cara mengaplikasikannya lihat gambar di bawah ini yah, dari dasbor kalian pilih template, lalu pilih sesuaikan untuk menuju ke Perancang Template.


2. Setelah masuk ke Perancang Template, untuk memilih template Jendela Gambar, simply clik Jendela Gambar.

3. Sekarang kita akan memodifikasi template dengan menghapus gambar latar belakang default dari template ini, supaya latar belakang dari template-nya itu polos saja. Caranya masuk ke section latar belakang, klik hapus gambar. Akan ada pop up yang muncul, klik OK. Setelah selesai, jangan lupa untuk klik Terapkan, lalu kembali ke Blogger.



4. Beginilah tampilan blog kalian dengan template Jendela Gambar yang sudah dihapus gambar latar belakangnya. Dengan begini akan memudahkan kalian dalam pemasangan background.


Tutorial 2. Memilih dan Memasang Background

1. Kita gunakan situs TCBOB saja yah sebagai contoh di tutorial kali ini, dan yak gambar di bawah ini ialah tampilan awal dari situs TCBOB. Untuk mulai mencari cari background, arahkan kursor kalian ke Blogger, lalu pilih Backgrounds.

2. Klik pada background yang kalian suka. Sebagai contoh, saya memilih background Dreaming In Color. Setelah itu kalian akan menemukan sebuah box berisi kode kode HTML dan kode kode itu lah yang akan kalian gunakan untuk memasang background di blog kalian. Klik di kolom tersebut, lalu copy semua kode kodenya.



3. Kembali ke blogger lalu menuju ke tata letak. Klik tambahkan gadget. Akan muncul sebuah pop up yang berisi banyak daftar gadget, scroll terus kebawah untuk menemukan gadget dengan nama HTML/Javascript.


4. Paste semua kode HTML yang sudah kalian copy tadi, setelah itu klik Simpan, dan klik Lihat Blog untuk melihat hasilnya.


5. Beginilah kira kira tampilan blog kalian setelah backgroud diterapkan. Terlihat masih belum sempurna karena ukuran template lebih lebar dari ukuran background. Oh iya, disarankan untuk memilih background dengan latar warna putih ya, sehingga latar template yang berwarna putih bisa menyatu dengan warna latar background. Jadi, untuk memperbaiki hal ini, kita akan kembali lagi ke Desain untuk menuju Perancang Template Blogger.


6. Sesampainya di Perancang Template Blogger, klik Sesuaikan Lebar, disana kalian bisa menyesuaikan lebar template dengan cara menggeser geserkan tombolnya. Ada pengaturan untuk lebar seluruh blog, dan ada juga lebar dari sidebar. Silahkan kalian atur sendiri sampai lebar template sesuai dengan background.

7. Beginilah hasil akhir saat lebar template sesuai dengan background, dan kalau mata kalian jeli, kalian pasti bisa memperhatikan adanya garis hitam di sekitar kolom postingan, yang memisahkan antara kolom postingan dengan sidebar. Kalau sekiranya menurut kalian garis tersebut tidak mengganggu, maka dibiarkan saja juga tidak apa apa. Tapi kalau menurut kalian memang mengganggu, saya beritau cara menghilangkannya. 

8. Kembali lagi ke Perancang Template Blogger. Masuk ke section Tingkat Lanjut, lalu pilih Entri. Untuk menghilangkan garis pembatas caranya klik pililhan warna di bagian Warna Batas, pilih warna Transparan yang terletak paling bawah. Dengan begitu warna batas tidak akan terlihat lagi. Kalau sudah selesai, jangan lupa untuk klik Terapkan.


Jadi begitulah cara saya mendandani blog ini, gampang kan? Hope you enjoy this tutorial, kalau ada yang mau ditanyakan bisa langsung kontak saya saja ya.

17 comments:

  1. tapi aku aku gak bisa liat gambarnya kak headernya juga :( *gak mendukung ya komputerku*

    ReplyDelete
  2. makasih ya keren banget postingan ini ;)

    ReplyDelete
  3. wahh admin'a kaya'a kreatif nih, tukang make over blog, biar nambah cantik ya cyiin blog'a haha
    dulu saya juga pernah tuh make over ehh malah kena komplain.. :P

    ReplyDelete
  4. keren, ada backround yg lebih laki banget gak buat blog standart gue ini

    ReplyDelete
  5. Udah lama gak kemari,, haha... Tumben nih postingannya ttg tutorial, perasaan dulu jarang. Tutorial ini bermanfaat banget utk blogger pemula. Nice post! :D

    ReplyDelete
  6. Bentar lagi bikin jasa bikin template nih. :3

    ReplyDelete
  7. Hmm.. dulu pernah pake blogspot. Tapi karena cuman copas, akhirnya gua nyoba pake wordpress. Kalo mau makeover blogspot harus bisa html atau javascript.

    ReplyDelete
  8. pantesan template blog ini cantik banget.. kayak yg punyaaa :3

    ReplyDelete
  9. halo salam kenal mbak inggit.
    makasih tutorialnya ^_^
    kebetulan aku lg cari cara simpel buat mempercantik blog.
    dan nerapin cara ini dehhhh...setelah baca postingan ini.

    ReplyDelete
  10. Awesome, Nggit...
    But still,, confusing to me... Please teach me, nach...hahaha
    Ramuyaza

    ReplyDelete
  11. wooh kereeen ,,boleh tuh saya praktekkin ..hehe

    ReplyDelete
  12. waah hasilnya keren banget mbak,perlu di coba ni,terimakasih udah share tipsnya :)

    ReplyDelete
  13. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : asianbet77@yahoo.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    http://asianbet77.com/

    ReplyDelete