Friday, January 27, 2012

Ujian Pertama, Bercucuran Air Mata

Hallo semuanya! Apa kabar? Apa kalian mengalami minggu yang indah di minggu ini? Kalau saya iya. Di postingan yang lalu saya cerita kalau saya akan menghadapi Ujian Praktek Kimia yang sangat menegangkan. And guess what? SAYA LULUS!

Jadi kemarin itu adalah giliran kelas saya yang melaksanakan Ujian Praktek Kimia. Beberapa hari sebelum ujian, kelas saya sudah mempersiapkan semuanya dengan baik, kita semua belajar bareng di hari Minggu, Yasinan bareng sehari sebelum ujian, itu semua kita lakukan untuk lulus, itu semua kita lakukan karena gak hanya saya aja yang takut pada ujian ini. Dan saya baru sadar kalau kelas saya itu kelas yang paling kompak. Guru guru pun mengakui itu.

Hari Jum'at akhirnya datang juga, saya absen 23 dan kelompok absen ganjil mendapatkan giliran pertama mengerjakan ujian ini. Saya pikir ujian mulai jam setengah delapan, jadi saya berangkat agak siangan di hari itu. Di perjalanan, si Riska telepon menanyakan saya ada dimana, saya bilang saya masih jalan dan sebentar lagi sampai, suara dia kedengeran panik banget karena cuma saya aja yang belum datang ketika semua anak anak sudah selesai menyuci semua peralatan praktek mereka. Sesampainya di sekolah, saya langsung berlari ke lab kimia, saya lihat meja saya ternyata semua peralatan praktek sudah ada diatas meja semua, saya pikir semuanya sudah dicucikan sama teman saya, tapi ternyata belum. Yasudah, dicucilah satu satu gelas kimia, erlen meyer, corong, labu, dll. Tapi saya gak sendirian, Ade dan Sri ikut membantu saya mencuci buret dan tabung tabung reaksi. Belum selesai saya untuk bersiap siap, tiba tiba semua anak disuruh menunggu diluar karena pengawas akan membagikan sampel diatas meja kerja masing masing. Di luar lab, kita semua berkumpul untuk berdo'a dan saling menyemangati satu sama lain. Tidak jarang juga terdengar suara teman teman saya yang mengeluh kebelet pipis lah, deg degan lah, tangannya sampe dingin lah dll. Saya juga merasa sangat nervous, mencoba menghafal kembali materi materi tapi saya benar benar tidak bisa konsentrasi, yasudah akhirnya saya hanya mengobrol saja dengan teman teman yang lain.
Ketika sampel sudah dibagikan semua dan kita sudah diperbolehkan untuk masuk, saya langsung menuju meja saya dan melihat sampel yang saya harus kerjakan adalah larutan NaOH. "yes Acidimetri!" dalam hati saya bersorak. Pengerjaan Acidimetri ini gampang banget, sederhana, dan lebih cepat dibandingkan dengan titrasi lainnya.




Nah kira kira pengerjaannya sama seperti gambar diatas, bedanya saya merubah larutan yang warnanya putih menjadi warna pink. Karena cepat, saya pun menjadi yang pertama seesai mengerjakan titrasi. Oh iya btw saya mendapat pengawas yang paling killer, Pak Mursahid, satu satunya guru yang galak di sekolah saya. Ampun deh! Sudah dikejar waktu, dapet pengawasnya yang killer pulak! Komplit banget! Keringat juga netesnya gak satu per satu, tapi jrojosan kayak maling dikejar warga. Haduuuuuuh AC lab kimia benar benar gak kerasa ademnya.

Selesai titrasi, saya melanjutkan dengan mengerjakan Anion dan Kation. Saya tidak mendapatkan masalah di Anion, tapi ketika sedang asik mengerjakan Kation ternyata teman teman saya sudah banyak yang membenahi peralatan mereka, mereka sudah selesai duluan! Saya lihat sekitar, hanya saya, ibnu, ratno dan diki yang belum selesai. Melihat teman teman yang lain sudah bersiap siap untuk pulang, membuat saya terburu buru dan ingin cepat selesai juga.

Diluar saya menemukan Sri sedang menangis dan Maulina yang sedang murung, selidik punya selidik ternyata mereka sudah dinyatakan tidak lulus dan harus mengulang di hari senin. Saya bertanya apa yang salah, mereka jawab titrasi mereka salah menghitung, ya itu memang fatal, tapi katanya kalau anion kation mereka semuanya benar, maka insya allah mereka akan lulus. Banyak juga teman teman yang gak yakin dengan hasil kerja mereka, ada yang merasa titrasinya salah, kationnya salah, atau anionnya salah. Saya sendiri merasa kation saya salah, sedangkan anion dan titrasi saya yakin mengerjakannya dengan benar.

Jam 4 sore saya kembali lagi ke sekolah untuk mengetahui pengumuman kelulusan, sesampainya disana saya dikejutkan dengan desas desus bahwa titrasi yang persentase kesalahannya lebih dari 10% maka secara langsung dinyatakan nilainya NOL! Saya yakin titrasi saya benar, hanya aja saya gak tau persentase kesalahan saya berapa. Kalau persentase kesalahan titrasi saya lebih dari 10% ditambah kation saya (sepertinya) salah total, wah saya pasti dinyatakan tidak lulus ujian praktek kimia. Saya pasrahhhh, teman teman yang lain juga pasrah.

Jam 4 sore semuanya sudah berkumpul di dalam kelas untuk mengetahui pengumuman kelulusan, tapi ternyata ada satu anak dari kelompok absen ganjil yang belum datang, pengawas memberikan waktu 5 menit untuk menunggu tapi yang ditunggu malah gak dateng dateng. "Sudah kita pulang saja yuk pak", kata Bu Vita yang ditanggapi dengan protes anak anak sekelas.

"YA ALLAH IBU TEGA BANGET SIH BU, JANGAN GITU SIH BU"
"TELEPON SIH RISKANYA SURUH CEPETAN!"
"UDAH! KATANYA LAGI DIJALAN!"
"PAK SEBENTAR SIH PAK TUNGGU SEBENTAAAAAR LAGI"
"NAAAAAH TUH RISKA!"
"ALHAMDULILLAH RISKA NONGOL JUGAAAAAA!"
"WOOO KEMANE AJE SIH???!!" (nah jeritan yang terakhir itu keluar dari mulut saya, maklumlah lagi emosi)

Tanpa banyak basa basi Pak Mursahid mengumumkan ada BANYAK anak anak yang BELUM lulus ujian! satu persatu anak anak yang kurang beruntung itu dipanggil untuk memisahkan diri ke bangku bangku sebelah kiri. "Astri", dengan lantang Pak Mursahid memanggil anak yang pertama, lalu berikutnya "ING....GIT? YAK INGGIT MANA INGGIT?".
JLEB!!!! Shock banget nama saya dipanggil yang kedua. Dengan langkah gontai, saya menghampiri Astri yang duduk di barisan paling depan. Lalu menyusul nama teman teman sepermainan saya seperti Tiara, hanicha, Gessy, Maulina, Sri, semakin banyak nama anak anak yang disebut, semakin besar suara isak tangis yang terdengar.
"KAMU KENAPA NANGIS?? KAMU MAU NAMAMU DIPANGGIL JUGA HAH?", Pak Mursahid membentak Dewi terang terangan. "NAH! BAGI YANG DUDUK DI SEBELAH KANAN, SAYA UCAPKAN SELAMAT KALIAN TELAH LULUS" huwaaaaaaaaaaah suara histeris terdengar dari berbagai penjuru ruangan, berbagai macam ekspresi bersyukur ditunjukkan mereka atas kelulusannya. Ibnu aja yang selama ini dikenal sebagai cowok paling sengak tanpa malu malu menangis sambil jerat jerit mengucapkan syukur. Ada beberapa anak yang sujud syukur, dan ada juga yang memeluk teman sebangkunya.

Sedangkan saya, saya hanya bisa tersenyum sedikit mengamati mereka satu persatu, membayangkan bagaimana seandainya saya menjadi mereka yang tidak perlu mengulang, ah miris sekali berada di posisi saya.
Pak Mursahid menghampiri barisan kami, "kalian pasti tau kan salah kalian dimana? ya toh?" tanyanya tanpa mengerti perasaan kami. Beliau pun mulai membagi bagi jadwal remedial ujian, saya dan keempat teman saya mendapatkan jadwal senin pagi, dan lima sisanya mendaptkan jadwal senin siang.
"kalian siap nggak?", tanyanya tanpa ada senyum sedikitpun. "SIAP!" saya terkejut menyadari suara saya sendiri yang terdengar. "kalian siap apa nggak????" tanyanya sekali lagi lebih lantang, hanya ada beberapa anak yang menjawab.

"YA KALIAN YANG SIAP! SAYA SIH NGGAK SIAP..... KARENA KALIAN LULUS SEMUA!", pak Mursahid masih dengan suara lantangnya, namun kali ini dilengkapi cengirannya yang khas. Backsound petasan dan kembang api meledak ledak di kepala saya. Astri yang duduk disebelah memeluk saya dengan erat, saya melongo beberapa detik, kemudian menengok ke belakang, ke deretan anak anak yang belum lulus, dan pada detik itu saya percaya bahwa kita memang lulus semua. Saya langsung berlari menghampiri Hanicha dan Gessy yang tangisannya semakin menjadi jadi karena mendengar apa yang baru saja Pak Mursahid bilang, saya langsung memeluk mereka erat, "git... kita lulus git... ya allah kita lulus!!!!!", kami bertiga berpelukan sambil menangis histeris. Lilis, Neneng, Celvia, Filzah juga bergantian memeluk dan mengucapkan selamat pada saya. Senang sekali rasanya berpelukan sambil menangis bersama dan mendapatkan ucapan selamat dari teman teman terdekat.

Praktek Kimia itu sulit, jadi menurut saya wajar wajar saja kami menangis ketika dinyatakan lulus. Agak sedikit lebay memang, ah tapi siapa yang peduli? Yang penting kami semua lulus!!!



70 comments:

  1. wah selamat ya hasilnya bagus, semoga makin sukses :)

    ReplyDelete
  2. Untungnya saya gak masuk SMA... Hahaha... (^ ^
    selamat ya... (^ ^

    ReplyDelete
  3. eh kenapa ikuta nngerasain euforianya ya? aaah nggit gua jd takut ikut ujian nasionaal tahun depan :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah kagak usah takut. lo sih SMA, lebih gampang ujiannya, simple

      Delete
  4. hahaha, cerita telat. sama kayak saya... :D

    ReplyDelete
  5. saya dulu juga ngulang ujian praktik KIMIA kug :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah yg bener mas? untung aja setelah diulang gak disuruh diulang lg hehehhee

      Delete
  6. aahh.. dapet bgt nih nyeritainnya.. jd ikutan pingin nangis sambill lompat2... selamat yah nggit.. ngga sia-sia udah banyak yg do'ain.. hohho :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hohohoho bener juga tuh mbak, pasti berkat do'a do'a dari temen temen blogger juga

      Delete
  7. Inggitttt..... Euforia postingan km kali ini bikin aku deg-deg-an baca'a. Overall, congrats yaa... Kalian pinter semua.
    Btw Pak siapa td? Killer2 tp iseng bgt yak! #Peace pak :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakkaa iya tuh, killer killer ada aja sifat jailnya hahahha

      Delete
  8. waduh kirain gak lulus nggit hehe..
    alhamdulillah ya...Insya allah kedepan makin bagus :D
    keep spirit and happy blogging

    ReplyDelete
  9. sukur deh lulus. tapi pala gue mendadak mumet baca istilah2 kimia itu. maklum dulu anak IPS. hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakakkaka ya kalo mumet jangan dibaca, skip dong skip hehehehe

      Delete
  10. subhanallah, ikut seneng ya mbak :D selamat lho mbak, alhamdulillah :)

    ReplyDelete
  11. Selamat ya nggitt...

    waaa, jadi inget euforia ujian pas SMA..

    SEMANGAT nggit! Kamu Pasti Bisa!!! ^^

    ReplyDelete
  12. jadi ikut deg2an wkt baca artikelmu ini. untunglah lulus ya.

    ReplyDelete
  13. wich..selamat yach...awas jangan bikin ramuan berbahaya.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkwkwk saya gak sepintar itu untuk bikin ramuan berbahaya hahahha

      Delete
  14. Maaf Saya bingung untuk berkomentar apa..
    Dengar lagu yang ada di blognya mbak, Saya jdi suka..
    Ini lagunya sp ya, igin mendownloadnya.. :)

    Nyari2 ga ketemu, yg ada hanya fullmusic.co.cc hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheheh enak yahhh? ah saya pikir selera saya jelek hahaha

      Delete
  15. Hadudududu... ceritanya Mengharukan bangeet!!!
    Awalnya sempet deg2an bacanya.. eh akhirnya BERHASIL LULUS SEMUAA... Horee...Horeee....
    SELAMAAAT yach!!!

    Jangan Lupa Traktirannya!!!
    Hohoho...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaelahhhh minta traktiran. harusnya saya dong yang minta, secara kan blognya ayas udah bs ngasilin duit banyak wkwkwkwkw :p

      Delete
  16. Wah.. selamat.. Emang parktik kimia selalu paling tegang.. huhu.. Saya besok UAS Praktik Biokimia nih.. Semoga sukses juga.. hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow. Biokimia lebih susah tuh! but keep fighting :)

      Delete
  17. jd ikut tegang gni bacanya ahiihi
    btw slamat atas kelulusan ujian kimianya yaaa :D
    ohiyee Titrasiii huaaa *ingat msa lalu kimia suram wkwkwk*

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaelah tegang, ini bukan film horor loh ya wkwkwkw :p

      Delete
  18. selamat ya mbak inggit :D
    menegangkan emang tapi terasa plong setelah mengetahui hasilnya.. ANDA LULUS :)

    ReplyDelete
  19. Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

    ReplyDelete
  20. Saya cari dibeberapa website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

    ReplyDelete
  21. Saya cari dibeberapa website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

    ReplyDelete
  22. Saya cari dibeberapa website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

    ReplyDelete
  23. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    ReplyDelete
  24. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    ReplyDelete
  25. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    ReplyDelete
  26. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    ReplyDelete
  27. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    ReplyDelete
  28. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    ReplyDelete
  29. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    ReplyDelete
  30. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    ReplyDelete
  31. Artikel yang sangat Innovatif dan banyak Tipsnya. jadi ingin coba. semoga berhasil

    ReplyDelete
  32. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    ReplyDelete
  33. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

    ReplyDelete
  34. Amazing Artikel yang sangat berguna,terutama Tipsnya sangat membangun. boleh dicoba.

    ReplyDelete
  35. Terimakasih Tulisan dan Info yang bermanfaat. wajib dicoba. salam sukses selalu.

    ReplyDelete
  36. Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

    ReplyDelete
  37. Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

    ReplyDelete
  38. saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    ReplyDelete
  39. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    ReplyDelete
  40. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    ReplyDelete
  41. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

    ReplyDelete
  42. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    ReplyDelete
  43. Informasinya keren sekali, sangat bermanfaat.sukses selalu

    ReplyDelete
  44. Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

    ReplyDelete
  45. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    ReplyDelete
  46. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    ReplyDelete
  47. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    ReplyDelete
  48. Artikel Menarik terutama Infonya, Salam sukses

    ReplyDelete